
Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kekeliruan mahasiswa disebabkan oleh kekurangmampuan mahasiswa dalam menggunakan aturan-aturan matematika secara akurat, seperti kurang tepat dalam penggunaan rumus luas daerah segitiga, dalil Pythagoras, dan konsep garis tinggi. Terlepas dari rendahnya persentase jumlah mahasiswa yang menjawab benar (13%) terhadap soal yang diujikan, hasil analisis menemukan beragam strategi pemecahan masalah yang digunakan mahasiswa. Uraian tertulis pemecahan masalah geometri dilakukan terhadap 47 mahasiswa Progam Studi Pendidikan Dasar, Sekolah Pasca Sarjana, di kota Bandung. Untuk itu, studi eksploratif dalam bentuk tes

Dalam makalah ini, kami laporkan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan dan strategi pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan geometri ditinjau dari level berpikir Van Hiele dan Strategi Pemecahan ala Polya. Kompetensi pemecahan masalah terhadap topik ini mutlak diperlukan baik oleh guru ataupun siswa. more Geometri adalah salah satu topik esensial dalam matematika untuk tingkat sekolah dasar. Geometri adalah salah satu topik esensial dalam matematika untuk tingkat sekolah dasar.
